TRIK SEDERHANA DALAM BELAJAR MENULIS

trik sederhana dalam penulisan
Oleh:Mas Joko
menulis adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan jika kita tahu apa yang akan kita tulis sebab dengan menulis berarti kita telah membuat catatan sejarah diri kita yang akan abadi sepanjang hayat kita bahkan sepanjang usia dunia kita.
sejarah tercipta karena ada jejak tulisan yang di temukan sejarah juga di ketahui karena ada yang menulisnya , kenapa kita tidak membuat sejarah itu sendiri..?
mungkin kita mulai dari sekedar jadi penulis facebook , bisa jadi suatu saat kita bisa menerbitkan buku entah buku apa yang kita terbitkan nanti.. mungkin ..? karena kita tidak tahu dengan apa yang terjadi di diri kita nanti biarlah waktu yang akan menentukannya.
berikut trik sederhana penulisan ala mimin yang di sharing dari beberapa orang yang pernah mengajari mimin :
1. tentukan tema
sebelum melakukan penulisan kita harus tentukan tema apa yang akan kita buat sebagai isi dari tulisan kita , dan usahakan sepanjang tulisan kita tidak boleh lepas dari tema yang sudah kita buat tadi.
2. tentukan judulnya
buatlah judul semenarik mungkin sebab menurut kang M Khoirul Anwar KH judul menentukan kelanjutan pembaca apa mau meneruskan membaca tulisan kita atau tidak , masih menurut beliau boleh kita membuat judul yang provokativ tapi kalau mimin sih lebih ke arah judul yang sederhana tapi tetap tentunya harus menarik sebab kalau kita terjebak ke judul provokativ nanti condongnya ke labay kalau kitanya tidak bisa membuatnya.
2 bikin kerangkah tulisan
bikin kerangkah tulisan yang akan kita bikin dan dari kerangkah tadi kita bisa kembangkan bahasannya dan kembali tidak boleh lepas dari tema yang sudah kita bikin tadi.
3 heading - penutup
masih menurut bang khoirul di awal tulisan ( heading ) kita sebisa mungkin membuat tulisan yang membuat orang penasaran untuk membaca sampai akhir jadi heading ini point menentukan dari kesuksesan tulisan kita , dan tulisan kita di bab akhir di usahakan ada penyelesaian dari apa yang kita tulis kecuali kita menulis cerber yang memang di akhir harus kita bikin menggantung agar membuat pembaca penasaran dengan terusan cerber kita.
itulah trik sederhana dalam menulis dan yang penting lagi adalah untuk meningkatkan kualitas tulisan kita , kita harus memperbanyak perbendaharan kata lewat membaca refrensi refrensi tulisan yang suda ada dari para penulis yang sudah matang tentunya ...
selamat mencoba..!!
#LenteraHati_2017


Mohon maaf bila ada salah kata atau ucapan dalam penulisan kami ......

Untuk melihat kegiatan kegiatan TBM LENTERA HATI  lihat saja  DI SINI ya ..........
Untuk melihat puisi - puisi lainnya silahkan klik DI SINI
Untuk membaca cerita atau cerpen silahkan klik DI SINI
Untuk download Software,Game,atau Video tingggal klik DI SINI
Bagi yang suka baca berita seputar Indramayu silahkan klik DI SINI
Untuk yang suka membaca Novel DI SINI

Terima Kasih sudah mengunjngi Blog kami TBM LENTERA HATI
Kami tunggu Kritik dan Sarannya  !!!
**
Untuk teman teman yang mempunyai cerpen, puisi, novel, dan lainnya juka ingin di publish di sini silahkan kirim file nya ke email : tbm.lenterahati@gmail.com

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form