BUANG SAMPAH SEBAGIAN DARI GAYA HIDUP

   Di era modern ini mulai banyak lagi bermunculan orang-orang entah perseorangan maupun berkomunitas bertitel “Pecinta Lingkungan” gencar mengkampanyekan hidup bersih dan sehat. Mulai dari mengadakan acara jalan sehat, car free day, maupun spanduk dan reklame ajakan membuang sampah. Namun, apakah itu berpengaruh?

   Nyatanya masih banyak yang kurang sadar atau mungkin lebih tepatnya masih juga belum sadar dengan gaya hidup bersih yang barangkali sebenarnya hanya wacana, sementara pencemaran polusi udara dan air sungai tetap saja berkelanjutan.

   Tempo dulu, ketika zamanku, masih umbelan dan masih belum peduli dengan apa kata orang, hobiku dan kawan sepermainan adalah mandi di sungai. Bertelanjang dada terjun dari bibir sungai. Tak mempedulikan mitos bahawa buaya putih maupun buaya buntung yang katanya sering menampakkan diri sewaktu-waktu. Mencuci baju meski tanpa sabun, tetaplah bersih dan bebas dari warna karat dan asin. Namun kini? Semakin berjalan waktu, air sungai yang pernah jadi markas kami melarikan diri seusai belajar dari sekolah, kini nampak seperti tempat asing yang tak pernah kami kunjungi sebelumnya.

   Ayolah, kalau penyebaran penyakit selalu saja menyalahkan musim dan bencana ada selalu melibatkan pemerintah, kapan selesainya?

   Kalau memang sudah lelah dengan memberitahu, setidaknya contohkan. Contohkan pada orang yang terlalu ignore pada environment. Mulai dari tidak membuang sampah melalui kaca  mobil, atau memungut sampah-sampah kecil di sekitar dan membuangnya pada tempat yang seharusnya. 

   Kalau lingkungan sehat, asri, memang siapa yang kena dampak baiknya? Begitu juga kalau berlaku hidup jorok pada sekitar, lantas siapa yang kena dampaknya?

   Mulai dari pribadi masing-masing. Coba tanyakan pada diri kita setiap harinya. “Apa kita sudah buang sampah pada tempatnya?”

   Kuy lah, jadi smart people untuk hal yang jauh lebih baik lagi.

Indramayu,
Sapitri Indah


Mohon maaf bila ada salah kata atau ucapan dalam penulisan kami ......

Untuk melihat kegiatan kegiatan TBM LENTERA HATI  lihat saja  DI SINI ya ..........
Untuk melihat puisi - puisi lainnya silahkan klik DI SINI
Untuk membaca cerita atau cerpen silahkan klik DI SINI
Untuk download Software,Game,atau Video tingggal klik DI SINI
Bagi yang suka baca berita seputar Indramayu silahkan klik DI SINI
Untuk yang suka membaca Novel DI SINI

Terima Kasih sudah mengunjngi Blog kami TBM LENTERA HATI

Kami tunggu Kritik dan Sarannya  !!!
**
Untuk teman teman yang mempunyai cerpen, puisi, novel, dan lainnya juka ingin di publish di sini silahkan kirim file nya ke email : tbm.lenterahati@gmail.com

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form